Dari 10 Kota Terkecil di Indonesia, 2 Diantaranya Ada di Sumatera Barat
image of 1140x530

Ternyata, dari daftar 10 kota terkecil di Indonesia, 2 diantaranya ada di Sumatera Barat yaitu Kota Padang Panjang dan Bukittinggi. Yuk kita bahas satu – satu supaya kita semakin mengenal kedua kota ini.

  1. Padang Panjang

Kota Padang Panjang memiliki luas wilayah 23 Km2, dengan luas wilayahnya tersebut, kota yang dijuluki sebagai Mesir Van Andalas ini adalah kota dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Sumatera Barat dan menempati peringkat 4 kota terkecil di seluruh Indonesia. Dari arah Padang, saat akan memasuki Kota Padang Panjang, kita akan melihat Jembatan Tinggi Silaing Bawah dan gapura besar bertuliskan Selamat Datang Di Kota Padang Panjang. Biasanya selalu saja ada orang yang berhenti untuk mengambil foto dengan latar jembatan dan gapura tersebut. Oh iya, lokasinya ini ga jauh dari Air Terjun Lembah Anai, pokoknya kalo sudah lewat Lembah Anai itu artinya kamu mau sampai di Kota Padang Panjang.

Gapura Selamat Datang di Kota Padang Panjang
Gapura Selamat Datang di Kota Padang Panjang

Meski memiliki wilayah yang kecil, Kota Padang Panjang tetap memiliki obyek wisata yang menarik dikunjungi seperti Lubuk Mata Kucing, Air Terjun Tujuh Tingkat, Minang Fantasi Water Park, Goa Baturai dan Masjid Asasi Sigando yaitu sebuah masjid tua yang telah berusia lebih dari 200 tahun.

Secara geografis, Kota Padang Panjang berada di ketinggian 650 – 850 meter di atas permukaan laut. Kota kecil ini diapit oleh tiga gunung yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek atau yang biasa disebut Tri Arga, menjadikan Padang Panjang memiliki udara dengan hawa yang sangat sejuk. Selain sejuk, Kota Padang Panjang memiliki curah hujan yang cukup tinggi dengan rata – rata 3.295 mm/tahun, jadi sering hujan disini, saya sudah empat kali melintasi Kota Padang Panjang dan selalu diguyur hujan sehingga saya menyebut Padang Panjang sebagai Bogor-nya Sumbar karena sama- sama kota yang memiliki curah hujan yang tinggi.

  1. Bukittinggi

The Dreamland of Sumatera adalah julukan bagi kota yang memiliki luas wilayah 25.24 Km2 ini, dengan luasnya tersebut menempati Bukittinggi pada peringkat 5 kota terkecil di seluruh Indonesia. Secara geografis kota ini berada di ketinggian 930 meter di atas permukaan yang membuat kota ini berhawa sejuk dan dingin terutama di malam hari.

Jam Gadang, ikonnya Kota Bukittinggi
Jam Gadang, ikonnya Kota Bukittinggi, berwisata ke Sumbar belum lengkap jika belum berfoto dengan latar Jam Gadang

Bagi para wisatawan yang ke Sumatera Barat rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke kota yang pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ini. Hal yang wajar karena Bukittinggi sedari dulu menjadi magnet bagi wisatawan, kota ini memiliki banyak obyek wisata dan jaraknya diantaranya saling berdekatan seperti Jam Gadang, Taman Panorama Bukittinggi, Lobang Jepang, Ngarai Sianok, Janjang Koto Gadang, Jembatan Limpapeh, Kebun Binatang Bukittinggi. Bagi para pecinta kuliner, Bukittinggi adalah surganya, langkahkah kaki anda ke Pasar Lereng tempat dimana berkumpulnya penjual nasi kapau dengan lauknya yang sangat memanjakan lidah. Bagi para pemburu oleh – oleh pun demikian, di Pasar Atas banyak sekali penjual aneka kerupuk kulit, keripik sanjay dan berbagai cemilan khas Sumatera Barat.

Panorama Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang dilihat dari Taman Panorama Bukittinggi
Panorama Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang dilihat dari Taman Panorama Bukittinggi

Itulah dua kota terkecil di Indonesia yang berada di Sumatera Barat. Kalau kamu sedang berwisata ke Sumatera Barat sempatkan waktu mu itu berkunjung ke kota – kota itu ya.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 5 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

March 22, 2016
[…] Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jadi sesampainya di Kota Batusangkar  arahkan kendaraan menuju Nagari Saruaso nantinya diperjalanan akan menjumpai Situs […]
ffuruhita
May 11, 2017
Entah kenapa selalu suka sama kota Padang,pengen kesana. Someday~hehe :")
Muhammad Catur Nugraha
May 12, 2017
Aamiin, semoga dapat kesempatan mengunjungi Padang dan Sumbar secara keseluruhan ya

Leave a Reply