Wisata Kuliner Malam di Payakumbuh, Kamu Harus Mampir ke Kedai Martabak Mesir Ini
Martabak-kubang

Sumatera Barat dikenal dengan berbagai kulinernya yang mengundang selera, tak pelak hal itu menjadikan Provinsi yang dipimpin oleh Bapak Irwan Prayitno ini memiliki atraksi wisata kuliner yang bisa memanjakan para wisatawan yang berlibur disini. Sepengamatan saya, wisata kuliner di Sumbar tak mengenal waktu dari pagi hingga larut malam pun selalu ada. Untuk wisata kuliner pada malam hari yang paling menarik dikunjungi adalah Kota Payakumbuh.

Para pedagang kuliner di Kota Payakumbuh biasanya mulai memadati ruas Jalan Soekarno – Hatta hingga pusat kota. Dari sekian banyaknya pedagang kuliner disini, salah satu yang menarik perhatian saya ketika itu adalah kedai Martabak Mesir H.Wan yang lokasinya berada di pelataran parkir depan Tugu Adipura, yang pernah melintas di Kota Payakumbuh sudah tentu tahu lokasi tugu adipura ini.

Simpang Tugu Adipura Kota Payakumbuh
Simpang Tugu Adipura Kota Payakumbuh

Martabak Mesir H. Wan buka mulai dari pukul 4 sore hingga 1 malam, namun jika sedang memasuki long weekend  ia buka sampai jam 3 dini hari. Kedai martabak Mesir H. Wan nampaknya memang menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Kota Payakumbuh, hal ini bisa dilihat dari ramainya pengunjung yang berdatangan untuk mencicipi martabak mesir disini.

Proses pembuatan martabak mesir
Proses pembuatan martabak mesir

Rasa Martabak Mesir yang lezat, harga yang terjangkau serta lokasinya yang strategis membuat Martabak Mesir H.Wan selalu ramai didatangi oleh pembeli yang datang baik dari Kota Payakumbuh itu sendiri atau wisatawan yang sedang melintas di kota yang disebut dalam lagu Ayam Den Lapeh ini.

Setelah adonan selesai dibuat lalu goreng diatas wajan datar
Setelah adonan selesai dibuat lalu goreng diatas wajan datar

Tiap harinya Martabak Mesir H. Wan bisa menghabiskan 1000 butir telur ayam, bahkan saat musim libur seperti lebaran telur yang digunakan bisa lebih dari 1500 butir.

Dilihat dari komposisinya, martabak mesir H. Wan sama seperti martabak telur pada umumnya yakni terdiri dari komposisi utama berupa adonan tepung terigu, daging giling yang telah diberi bumbu, telur ayam, dan daun bawang. Cara memasaknya pun sama, namun yang menjadikan Ia memiliki cita rasa yang berbeda dibanding tempat lainnya sepertinya adalah takaran bumbu yang diberikan sehingga berpadu sempurna dengan daging dan ketika menjadi sebuah martabak mesir sangat lezat untuk disantap. Martabak mesir ini semakin lengkap dengan cuka yang dibuat dari campuran cuka, kecap, garam dan irisan cabe rawit.

Ibu Iyel memotong - motong martabak mesir yang sudah matang
Ibu Iyel memotong – motong martabak mesir yang sudah matang

Untuk menikmati seporsi martabak mesir H.Wan hanya dikenakan Rp 15.000 saja, harga yang terbilang murah untuk cita rasa yang nikmat. Selain martabak Mesir, kedai ini juga menjual aneka jenis makanan lainnya seperti cane telur (Rp 12 ribu), Cane biasa (Rp 9 ribu), sate padang (14 ribu) serta aneka jenis minuman seperti jus yang dibanderol seharga Rp 8 ribu.

Ayo ke Payakumbuh dan mampir ke Martabak Mesir H. Wan ya..
Ayo ke Payakumbuh dan mampir ke Martabak Mesir H. Wan ya..

Ditulis oleh, Muhammad Catur Nugraha, Seorang engineer muda pecinta alam, budaya dan kuliner Sumatera Barat. Untuk berkomunikasi dengannya bisa menghubungi

call/sms = 081283156505

Whatsapp = 08977257136

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

May 27, 2016
terimakasih infonya, bisa jadi referensi wisata

Leave a Reply