Kemping Ceria di Pulau Semak Daun Kepulauan Seribu Jakarta
image of 1140x530

Dari banyaknya gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau yang paling dikenal bagi kalangan pecinta alam. Jauh sebelum kemping di pulau menjadi lifestyle anak muda ibukota saat ini, pulau ini sudah menjadi primadona untuk dijadikan sebagai tempat kemping ceria.

Pulau Semak Daun

Bagaimana cara menuju Pulau Semak Daun?

1. Naik kendaraan apapun yang menuju Muara Angke, saat ini pelabuhan sudah dipindah ke Kali Adem yang tidak jauh dari Muara Angke
  2. Dari Pelabuhan Muara Angke/Kali Adem, naik kapal tujuan Pulau Pramuka, salah satu kapal yang melayani rute ini adalah Kapal Pesona Alam yang memiliki 2 dek dimana dek atas untuk lesehan dan dek bawah terdapat bangku untuk penumpang.
  3. Dari Pulau Pramuka sewa ojek kapal yang bisa mengantarkan ke Pulau Semak Daun  sekaligus ke tempat – tempat spot untuk snorkeling

Cerita Perjalanan

Ini adalah kali pertamanya saya merasakan sensasi kemping di salah satu pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu dan pulau yang dituju adalah Pulau Semak Daun. Pulau ini sangat populer dikalangan wisatawan Pulau Seribu khususnya bagi mereka yang berwisata ke Pulau Pramuka pastinya menjadikan pulau ini menjadi salah satu spot untuk snorkeling.

Bagi para pecinta camping di alam bebas Pulau Semak Daun juga merupakan salah satu destinasi yang baik untuk dituju karena pesona pantainya yang landai memiliki pasir yang putih, ombak yang relatif tenang serta terdapat toilet berjumlah 3 buah yang dibisa dijadikan sebagai tempat bilas sehabis berenang di pantai ataupun snorkeling.

Dari rumah pagi – pagi sekali saya berangkat dengan membonceng senior saya, Mas Djuanda menuju Pelabuhan Muara Angke, memarkirkan motor lalu menuju ke SPBU Muara Angke yang biasa dijadikan meeting point bagi trip – trip ke Pulau Seribu. Ternyata teman kantor saya juga ikutan mereka adalah Andrew, Bismi, Rangga, dan Gilang. Setelah berkumpul semuanya kami segera menuju Kapal Pesona Alam yang sebelumnya sudah di booking oleh Bang Gery untuk memastikan ketersediaan tempat, maklum yang ke Pulau Seribu kan banyak banget.

Sebelum tiba di Pulau Pramuka, kapal singgah terlebih dahulu di Pulau Pramuka

Sampai di Pulau Pramuka kami istirahat terlebih dahulu dan tentunya shalat karena memang sudah waktunya, selesai shalat, Bang Meo, Kapten ojek kapal yang sudah dipesan sebelumnya oleh Bang Gery nampak sudah menyiapkan kapal kecilnya untuk kami tumpangi, satu per satu dari kami naik ke kapal kecil itu. Setelah komplit kapal kecil ini berlayar menuju Pulau Semak Daun.

Untuk sampai ke Pulau Semak Daun dari Pulau Pramuka membutuhkan waktu sekitar 30 menitan.

Sesampainya di Pulau Semak Daun bang Gery menemui penjaga pulau dan membayar retribusi, per orangnya Rp 10000. Setelah itu kami mendirikan tenda atau hummock bagi yang suka tiduran menggantung diantara pohon. Karena belum makan siang di Pulau Pramuka, kami makan siang dulu sebelum melanjutkan kegiatan snorkeling.

Tiba di Pulau Semak Daun, kami sudah siap membawa ikan yang kami beli di Muara Angke untuk dibakar malam harinya

Sudah kenyang saatnya berganti pakaian dan bersiap untuk snorkelingSpot snorkeling yang pertama di Pulau Karang Beras, dan yang kedua di Pulau Air. Suasana underwater­-nya cantik banget dengan terumbu karang dan koral yang indah serta ikan – ikan dengan jumlah banyak yang menemani kami saat snorkeling. Oh iya, Bang Meo juga sedia mengawasi kami semua, beliau ikut dalam snorkeling dan juga mengajari kami bagaimana menyelam.

Menuju spot snorkeling

snorkeling

snorkeling_2

Setelah snorkeling  kami kembali ke Pulau Semak Daun dan membilas badan di toilet yang telah tersedia, tapi tidak mudah kawan, karena harus antri mengingat banyak orang juga yang mau membilas badannya. Oh iya, kalo mau bilas pakai air tawar, harus beli airnya per dirigen Rp 5000, karena walau ada sumur tapi air dari sumurnya masih terasa asin atau payau. Air tawar ini dibawa dari Pulau Karya, jadi lumayan lah dengan Rp 5000 badan bisa bersih lagi dan gag lengket.

Malam hari kami barbeque party, bakar – bakar ikan yang telah dibeli dari Muara Angke. Untuk nasinya sudah dibuatkan di warung yang ada di Semak Daun.

Bakar ikan, yummy!

Pada saat kami kemping disana cuaca malam hari tidak bagus, dan terjadi badai yang cukup lama sehingga membuat salah satu tenda dari kami frame-nya patah. Jadi pastikan, saat ingin kesana ketika cuaca sedang bagus, kalo kami kesana memang pada saat Jakarta masih sering diguyur hujan.

Pagi hari waktu yang tepat untuk hunting sunrise, sayangnya mendung masih menyeliputi langit waktu itu. Ketika kami dijemput oleh Bang Meo untuk kembali ke Pulau Pramuka hujan turun dengan derasnya dan membuat kami urung ke penangkaran hiu yang letaknya tidak jauh dari Pulau Pramuka. Walau begitu pengalaman Kemping Ceria di Pulau Semak Daun tetap mengasyikan dan tidak terlupakan.

Pulau Semak Daun di pagi hari

pulau_semak_daun_3

Nomor yang bisa dihubungi

Pak Meo (Ojek Kapal Pulau Pramuka – Semak Daun) 087878937277

About Author

client-photo-1
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

doli
September 22, 2016
Kepualaun seribu emang keren banget mas!!
Keren, orang Jakarta beruntung punya tempat main yang keren dan seru yaitu Kepulauan Seribu
September 24, 2016
Udah naik jd 10 rebu yesss, dulu masih 5000
Oke, nanti di update, om kapan terakhir om ke Semak Daun? Ajak - ajak dong
Heri
October 7, 2016
Klo boleh tau... Kira2 1 orang nya ngeluarin budget berapa gan klo camping ke pulau semak daun dalam 2 hari 1 malem...? Dan berapa harga untuk sewa guide/p emandu trip to pulau semak daun Thanks gan
October 10, 2016
Untuk saat ini dengan budget sekitar 250 ribuan itu sudah termasuk tiket kapal pp, sewa tenda, makan siang, barbeque, sama snorkeling, gan
abigail
January 9, 2017
thank you for sharing. membantu sekali untuk tugas :)