Rumah Makan Sehat Elegant, Tempat Makan Enak Tanpa Penyedap dan Pengawet di Bukittinggi
menu rumah makan sehat bukittinggi

Mencari tempat makan yang enak di Bukittinggi adalah perkara yang mudah. Cobalah berjalan menyusuri kota Bukittinggi, maka anda akan menemukan warung dan restoran menghamburkan aroma yang membuat siapa saja menelan ludah. Salah satu rekomendasi rumah makan di Bukittinggi yang patut anda coba adalah Rumah Makan Sehat Elegant.

alamat rumah makan sehat elegant
Lokasi Rumah Makan Elegant yang ada di seberang Plasa Telkom Bukittinggi

Mengapa kami merekomendasikan rumah makan ini? Tentunya bukan tanpa alasan. Menu yang tersedia di Rumah Makan Sehat Elegant memang sama seperti rumah makan lainnya. Namun, lauk – lauk yang terhidang disini semuanya dimasak tanpa menggunakan bahan penyedap dan pengawet.

Tanpa penyedap dan pengawet, apakah masakannya tetap enak?

Untuk menjawab pertanyaan itu saya mendatangi rumah makan ini pada awal Oktober 2020. Dan kebetulan sekali, saya berjumpa dengan Hasiva Novia yang akrab disapa dengan Uni Via. Ia adalah owner dari Rumah Makan Sehat Elegant yang telah berdiri sejak April 2011.

Baca juga : Mencari Gulo – gulo Tareh yang Kian Langka

Itu artinya usaha kuliner milik Uni Via ini tetap survive hampir satu dekade. Padahal membuka usaha kuliner terlebih lagi di Bukittinggi bukanlah perkara mudah.

Di wilayah paling selatan Indonesia, Pulau Rote. Saya pernah bertemu seorang pemilik Rumah Makan Padang. Mungkin ada benarnya sebuah anekdot “jika di bulan bisa berjualan, maka disana ada orang Minang yang membuka rumah makan”

“Mengapa jauh sekali membuka rumah makan sampai ke Pulau Rote?” tanya saya

“Membuka rumah makan di tanah Minang sama saja bertaruh nyawa, pilihannya cuma dua. Laris atau bangkrut” jawabnya serius

“Bagi orang Minang, cita rasa adalah harga mati. Pesaingan cita rasa terlalu halus, terlalu tajam dan saya tidak akan sanggup membuka rumah makan di kampung halaman” tambahnya lagi.

Waduh jadi ngalor ngidul gini tulisan saya.

Tanpa Penyedap, Apakah Tetap Enak?

“Meskipun kami tidak pakai penyedap namun masakan kami tetap enak karena kami menggunakan bumbu dapur asli yang kami olah sendiri. Semua bumbu kami giling sendiri, pokoknya semuanya alami. Insya Allah, enak”  Kata Uni Via saat memulai percakapan

Apa Alasannya Membuat Rumah Makan Tanpa Penyedap?

“Karena penyedap itu jika dikonsumsi setiap hari kan berbahaya bagi tubuh kita, bisa menyebabkan berbagai penyakit. Jadi Uni sekalian aja, selain mencari untung, uni juga mau orang yang menjadi pelanggan rumah makan ini sehat. Rumah makan ini juga membantu bagi para ibu, yang tidak memiliki waktu untuk memasak, karena rasanya mirip seperti masakan rumahan”

Itulah sedikit percakapan saya dengan Uni Via.  Sekarang kita bahas menu favorit yang ada disini.

Menu paling favorit di rumah makan ini adalah itik lado hijau atau yang disebut juga itiak lado mudo. Menu ini berupa bebek yang diberi bumbu berupa cabai hijau yang melimpah dan berbagai rempah. Pada saat dimasak itiak lado mudo ini juga diberi air kelapa agar menciptakan rasa manis pada daging bebek.

itiak lado hijau bukittinggi
Nasi dengan lauk itiak lado mudo

Menu lainnya yang juga tak kalah enak adalah dendeng lambok balado, ayam kecap, ayam gulai, ikan asam padeh, ayam kampung lado mudo, dan pangek masin.

Untuk harganya juga terjangkau. Nasi Itiak Lado Mudo dibanderol dengan harga Rp 31.000, sebagai pembanding di rumah makan yang ada di sekitar Ngarai Sianok, untuk menikmati itiak lado mudo anda harus membayar lebih. Disana harga sepotong itiak lado mudo mulai dari Rp 35.000, harga tersebut belum termasuk nasi.

Harga menu makanan dan minuman di Rumah Makan Sehat Elegant

Pelanggan yang datang ke rumah makan umumnya adalah para pekerja kantoran yang ada di sekitar sana, sebab memang lokasinya ini berada di perkantoran. Namun ada juga wisatawan yang datang dari luar Bukittinggi.

Jika anda ingin mencoba mencicipi makanan enak yang sehat tanpa penyedap dan pengawet. Anda bisa datang ke Rumah Makan Sehat Elegant yang ada di Jalan M. Syafei Nomor 5, lokasinya tepat berada di seberang Plasa Telkom Bukittinggi. Rumah makan ini buka tiap hari kecuali hari Minggu.

Tersedia Oleh – oleh Khas Minang

Selain menyediakan berbagai lauk yang sedap. Rumah makan ini juga tersedia berbagai oleh – oleh khas Minang dengan harga terjangkau diantaranya rendang daging, rendang suwir, rendang paru, rendang jengkol, rendang telur dan banyak lagi varian lainnya.

Oleh – oleh khas Minang yang tersedia di rumah makan ini

Selain membelinya secara langsung, kita juga bisa memesannya lewat aplikasi WhatsApp, tinggal tulis aja apa yang kita mau lalu kirimkan ke Uni Via, nanti diberikan daftar harganya, jika sudah setuju, langsung transfer dan nantinya pesanan anda akan dikirim langsung ke alamat dengan jasa ekspedisi.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.