Air Terjun Lembah Anai, Tujuan Wisata Pertama Bagi Wisatawan Saat Menuju Bukitinggi
obyek_Wisata_air_terjun_lembah_anai

Jika anda menuju Bukittinggi dari Padang melewati Jalan Raya Padang Bukittinggi, pastinya anda akan menemukan sebuah air terjun Indah yang berada persis di tepi jalan. Air terjun itu bernama Air Terjun Lembah Anai.

Secara administratif, Air Terjun Lembah Anai berada di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai ialah salah satu bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang uang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Singgah di Air Terjun Lembah Anai

Kunjungan wisata anda ke Sumatera Barat tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Air Terjun Lembah Anai. Karena lokasinya yang mudah diakses membuat air terjun ini selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Air Terjun Lembah Anai biasanya menjadi tujuan wisata pertama bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Bukittinggi. Siapapun provider Paket Tour Padang-nya, pasti membawa tamunya mengunjungi air terjun ini.

Air_terjun_lembah_anai_padang_panjang
Foto bersama di Air Terjun Lembah Anai

Untuk masuk dan mendekat ke bawah Air Terjun Lembah Anai, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3,000. Pintu masuk air terjun berada sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Biasanya air terjun ini menjadi persinggahan pertama bagi wisatawan yang hendak ke Bukittinggi

Sebenarnya ada spot dimana anda bisa melihat kecantikan Lembah Anai dari sudut pandang yang lain tanpa harus membayar tiket masuk. Spot tersebut berada di seberang air terjun, tepatnya di atas perlintasan kereta api yang kini sedang tidak aktif.

Air Terjun Lembah Anai bisa dikunjungi kapan pun, namun saat hujan lebat sebaiknya anda menghindari kawasan ini. Sebab, debit air terjun ini bisa meningkat drastis hingga membanjiri jalanan sampai memutus akses Padang – Bukittinggi.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.