Berjumpa Dengan Anemon dan Nemo di Perairan Teluk Mandeh Pesisir Selatan

Kawasan Wisata Mandeh merupakan destinasi wisata bahari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Obyek wisata ini sering kali disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumbar karena keindahannya menyerupai dengan Raja Ampat yang ada di Ranah Papua sana.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat kita berada di Kawasan Wisata Mandeh, salah satunya ialah snorkeling atau selam di perairan dangkal. Di Perairan Teluk Mandeh terdapat beberapa spot untuk snorkeling dimana kita bisa menyaksikan soft coral dan hard coral serta ikan – ikan hias yang hidup di sekelilingnya.

Di penghujung November, saya menemani keluarga dr. Rita, SpBM yang ingin menikmati keindahan alam bahari Mandeh.

Usai makan siang di Kapo – kapo, selanjutnya kami menuju spot snorkeling yang ada di depan Cubadak Paradiso Resort. Ya, disini memang spot favorit bagi wisatawan yang mengunjungi Teluk Mandeh. Begitu jangkar kapal dilego, ikan – ikan hias berwarna – warni langsung menyerbu bak menyambut wisatawan yang akan snorkeling.

Disini kami menjumpai Anemon Laut. Nah, kalau ada anemon biasanya ada juga clown fish atau ikan badut atau populer juga dengan ikan nemo. Yuk kita lihat saja cantiknya anemon ditemani oleh nemo.

Anemon laut, rumah bagi beberapa ikan Beberapa spesies ikan dan invertebrata hidup dalam hubungan simbiosis mutualisme atau komensal

Jika anda tertarik mengunjungi Mandeh. Langsung saja datang ke Carocok Tarusan yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Padang dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan.

 

 

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 5 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply