25 Destinasi Wisata Pilihan Dalam Paket Tour Padang Bukittinggi
wisata_tour_padang_bukittinggi

Saat ini, Sumatera Barat telah menjelma menjadi salah satu destinasi impian bagi banyak orang. Provinsi yang beribukota di Padang ini memiliki destinasi wisata yang begitu lengkap. Semuanya ada disini, mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata gunung, dan tentu saja wisata kulinernya yang lamak bana. Wajar saja, banyak yang menginginkan mengisi waktu liburannya di Ranah Minang. Ada yang merancang liburannya sendiri atau mengikuti Paket Tour Padang yang ditawarkan oleh travel agent.

Sebelum beranjak lebih jauh, kita simak ringkasan salah satu Paket Tour Padang Mandeh Bukittinggi dalam video berdurasi satu menit di bawah ini.

Bagaimana? Indah bukan? Semakin membuat anda ingin liburan ke Sumatera Barat?

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi tentang destinasi wisata populer yang biasa ada dalam Paket Tour Padang. Semoga informasi ini bisa berguna bagi anda yang sedang berencana untuk liburan ke Padang baik itu bersama keluarga atau rekan kerja.

Wisata Pulau Sumbar

Kita mulai dari wisata bahari terlebih dahulu ya.

Ya, sejak beberapa tahun belakangan ini destinasi wisata Sumbar tidak hanya terbatas pada Kota Padang dan Bukittinggi. Saat ini wisata bahari di Sumatera Barat semakin berkembang. Berikut ini adalah pulau – pulau cantik dan eksotis yang layak untuk dikunjungi

  1. Pulau Pasumpahan

Pulau yang memiliki luas 16,9 hektar ini masih berada dalam wilayah administratif Kota Padang tepatnya Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Pulau ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang. Di sisi utara pulau ini terdapat sebuah bukit setinggi 123 mdpl yang bisa didaki. Meski tidak seberapa tinggi, namun untuk mencapai kesana anda harus menaklukan 3 tanjakan terlebih dahulu.

Peluh pun bercucuran, namun anda akan takjub tatkala tiba di puncak bukit menyaksikan keindahan panoramanya.

Keindahan Pulau Pasumpahan dilihat dari puncak bukit yang berada di sisi utara pulau

 

  1. Pulau Pamutusan

Sama seperti Pulau Pasumpahan, pulau pamutusan juga memiliki bukit kecil yang berada di tengah pulau. Namun bukiti di Pulau Pamutusan lebih mudah untuk didaki. Pemandangan di atas bukit ini begitu menakjubkan.

Panorama di puncak bukit Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan juga memiliki spot snorkeling yaitu disekitar dermaga kayu yang menjorok ke arah laut. Disini anda bisa menyaksikan kehidupan bawah laut seperti soft coral, hard coral dan ikan – ikan hias berwarna – warni.

Di pulau ini juga tersedia wahana banana boat, cocok untuk seru – seruan pastinya.

 

  1. Pulau Pagang

Pulau ini berada tepat di seberang Pulau Pamutusan. Pulau Pagang dihiasi dengan pasir putih yang lembut. Di pulau ini tidak ada bukit seperti dua pulau sebelumnya. Biasanya pengunjung yang datang kesini hanya sekedar santai atau snorkeling di sekitar pantai.

Pantai berpasir putih di Pulau Pagang

 

  1. Pulau Sirandah

Diantara pulau – pulau yang ada, inilah pulau yang paling rendah sehingga dinamakan Sirandah. Pulau Sirandah memiliki pasir pantai yang putih dan lembut, air lautnya begitu jernih. Tepat dihadapannya kita bisa melihat deretan Bukit Barisan yang bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Pulau Sirandah dengan latar laut biru dan Bukit Barisan

Di tengah pulau terdapat jalur trekking menuju Pulau Penyu, sebuah pulau kecil yang memiliki bentuk seperti penyu.

  1. Pulau Marak

Pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ini terbilang masih sepi dikunjungi wisatawan karena jaraknya yang cukup jauh. Jika ingin kesini, anda harus benar – benar memperhatikan cuaca sebab gelombangnya cukup besar.

Pulau Marak yang masih sepi dari kunjungan wisatawan

Tulisan yang lengkap tentang Pulau Marak ada disini.

Kawasan Wisata Mandeh

Selain pulau – pulau yang telah disebutkan sebelumnya, wisata bahari Sumbar juga ada di Kawasan Wisata Mandeh yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Destinasi yang ada disini diantaranya

  1. Pulau Setan

Pulau yang aslinya bernama Pulau Sutan ini memiliki hamparan pasir pantai yang putih. Pulau ini cukup ramai dikunjungi wisatawan sehingga telah banyak warung yang menyediakan cemilan bagi wisatawan.

Di Pulau Setan banyak penyedia jasa wisata air seperti banana boat, doughnut boat dan jet ski. Tidak perlu khawatir dengan harganya, untuk naik keliling dengan banana boat anda cukup membayar Rp 25,000 per orangnya. Murah bukan?

Jet ski di Pulau Setan

 

  1. Pulau Sironjong Gadang

Pulau kecil ini memiliki pasir pantai yang halus, selain itu anda bisa bermain di pantainya yang dangkal dengan gelombang yang tenang.

  1. Pulau Sironjong Ketek

Salah satu ikon dari wisata Mandeh. Di pulau ini anda bisa menantang keberanian atau uji adrenalin anda dengan cliff jumping. Terdapat dua ketinggian yang bisa dipilih yaitu 5 meter dan 15 meter dari permukaan air laut. Anda berani?

Cliff jumping di Pulau Sironjong Ketek

 

  1. Pulau Cubadak

Pulau ini merupakan pulau resort yang hanya diperuntukan bagi wisatawan yang menginap disana.

Jika tidak dapat kesana, kita cukup bersnokeling ria di sekitarnya dimana terdapat beraneka terumbu karang dan ikan – ikan hias.

Snorkeling di dekat Pulau Cubadak

 

  1. Kapo – kapo

Kapo – kapo merupakan sebuah perkampungan yang berada di belakang Cubadak Resort. Biasanya wisatawan datang kesini untuk santap siang dengan beraneka olahan seafood. Hemm.. Sedap

 

  1. Hutan Mangrove dan Air Terjun Gemuruh

Biasanya usai snorkeling, anda akan diajak ke hutan mangrove yang berujung ke Air Terjun Gemuruh. Disini kita bisa menyejukkan diri dengan air yang bersumber langsung dari gunung sekitar.

Hutan mangrove di Mandeh
Air terjun Gemuruh

Menjelang sore, kembali ke Dermaga Carocok Tarusan lalu ke Kota Padang

Dari uraian diatas, Jelajah Sumbar memiliki 2 paket wisata bahari. Pulau nomor 1 – 5 dimulai dari Pantai Bungus. Sedangkan pulau – pulau yang ada di Kawasan Wisata Mandeh dimulai dari Dermaga Carocok Tarusan, Pesisir Selatan.

Kedua Paket Wisata Pulau Sumbar ini sama – sama membutuhkan waktu satu hari penjelajahan. Perlu diketahui, untuk wisata pulau dari Pantai Bungus, dalam satu hari kita hanya mengunjungi 2 pulau saja misalnya Pulau Pamutusan dan Pulau Sirandah. Apabila ingin menambah pulau lagi maka ada biaya tambahan untuk tiket masuk ke pulau.

Wisata Alam

Sumatera Barat dianugerahi dengan alamnya yang begitu indah. Deretan bukit barisan, gunung – gunung yang menjulang, lembah dan air terjun menghiasi bumi Ranah Minang.

Berikut ini, obyek wisata alam yang biasa dikunjungi di perjalanan Tour Sumbar

  1. Air Terjun Lembah Anai

Air terjun ini berada di tepi Jalan Raya Padang Bukittinggi. Anda tak perlu susah payah trekking untuk menikmati keindahan air terjun yang airnya bersumber dari Gunung Singgalang ini. Jika ingin bermain air, harap hati – hati karena bebatuannya cukup licin.

Air Terjun Lembah Anai yang berada di tepi jalan raya Padang Bukittinggi

 

  1. Lawang Park

Adalah sebuah taman yang berada di dataran tinggi Agam. Lawang Park menawarkan keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Karena berada di ketinggian, udara di Lawang Park begitu sejuk sehingga membuat kita betah untuk berlama – lama disini.

Lawang Park dengan view Danau Maninjau

 

  1. Taman Panorama Ngarai Sianok

Obyek wisata ini ada di Kota Bukittinggi. Dari sini kita bisa menyaksikan panorama alam berupa lembah curam memanjang yang memiliki nama Ngarai Sianok. Datanglah di pagi hari, sebab selain panorama Ngarai Sianok, anda juga bisa mendapatkan pemandangan Gunung Singgalang yang berdiri di belakang Ngarai. Indah banget untuk dijadikan latar untuk berfoto.

Kalau berkunjung ke Taman Panorama Ngarai Sianok, sebaiknya di pagi hari, jadi bisa mendapatkan latar Ngarai Sianok sekaligus Gunung Singgalang

 

  1. Lembah Harau

Beranjak ke Kabupaten Lima Puluh Kota dimana terdapat lembah yang begitu indah, namanya Lembah Harau. Disini kita bisa menyaksikan bentangan alam berupa dinding – dinding tebing yang menjulang tinggi berwarna – warni, pada dinding tersebut juga terdapat beberapa air terjun yang menghiasinya.

Lembah Harau sering dijuluki Yosemite of Indonesia

 

  1. Jembatan Kelok Sembilan

15 kilometer dari Lembah Harau, berdiri dengan gagah Jembatan Kelok Sembilan. Tujuan didirikan jembatan ini ialah untuk memperlancar arus kendaraan dari Provinsi Sumatera Barat ke Provinsi Riau.

Jembatan Kelok Sembilan dengan latar Cagar Alam Lembah Harau dan Aia Putih

Namun karena berdiri di dua cagar alam yakni Cagar Alam Lembah Harau dan Cagar Alam Aia Putih membuat panorama yang dimiliki jembatan hasil karya anak bangsa ini begitu indah. Pada saat cuaca cerah nampuk juga Gunung Sago yang menjadi gunung tertinggi di Kabupaten Lima Puluh Kota.

 

  1. Taman Panorama Danau Kembar

Selain Danau Maninjau dan Danau Singkarak, Sumatera Barat masih memiliki danau lainnya yaitu Danau Kembar. Disebut kembar karena memang danau yang berada di wilayah Kabupaten Solok ini ada dua yaitu Danau Diatas dan Danau Dibawah.

Untuk menyaksikan kedua danau secara sekaligus di satu tempat. Kita bisa mengunjungi Taman Panorama Danau Kembar.

Danau Dibawah dilihat dari Taman Panorama Danau Kembar
  1. Kebun Teh Alahan Panjang

Bagi yang suka dengan suasana perkebunan teh, anda bisa menuju Alahan Panjang yang merupakan wilayah yang berada di kaki Gunung Talang. Disini terdapat hamparan perkebunan teh yang hijau nan luas. Jika cuaca cerah, anda juga bisa menyaksikan puncak Gunung Talang dari kebun teh ini.

 

Wisata Budaya

Mempelajari budaya di daerah yang sedang kita tuju merupakan salah satu cara untuk menikmati liburan anda. Sumatera Barat memiliki kebudayaan yang hingga saat ini masih begitu melekat dalam kehidupan sehari – hari.

Obyek wisata budaya banyak tersebar di Sumbar diantaranya

  1. Minang Village

Minang Village berada tidak jauh dari obyek wisata Air Terjun Lembah Anai. Disini kita bisa mempelajari informasi mengenai kebudayaan Minangkabau.

Yang paling menarik disini ialah anda bisa menyewa baju adat khas Minang. Berfoto mengenakan baju adat Minang dengan latar rumah gadang, sungguh pengalaman yang pastinya sangat menarik untuk anda.

Memakai baju adat di Minang Village
  1. Istana Basa Pagaruyung

Obyek wisata ini berada di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Disini kita bisa menyaksikan rumah gadang terbesar di Sumatera Barat yang merupakan replika dari Istana Kerajaan Pagaruyung.

Terdapat 3 tingkat yang bisa anda jelajahi, tiap tingkatnya merupakan sebuah tempat yang memiliki makna dan fungsi yang berbeda – beda.

Sama seperti di Minang Village, di Istana Basa Pagaruyung, anda juga bisa menyewa pakaian adat khas Minang lho!

  1. Nagari Pariangan

Masih di Kabupaten Tanah Datar atau sekitar 17 kilometer dari Istana Basa Pagaruyung terdapat Nagari Pariangan. Nagari ini dipercaya sebagai nagari tempat dimana orang Minangkabau berasal.

Berfoto dengan latar perkampungan Nagari Pariangan

Nagari yang berada di kaki Gunung Marapi ini memiliki banyak peninggalan masa lampau seperti Prasasti Pariangan, Masjid Al Ishlah, Makam Datuk Tantejo Gurhano dan lain – lain.

 

  1. Pacu Jawi

Setelah melewati masa panen dan saat mulai memasuki masa tanam, beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar biasanya mengadakan acara Pacu Jawi.

Pacu Jawi sama seperti karapan sapi di Madura, namun yang membedakan adalah arena permainannya. Pacu jawi dimainkan di tanah yang basah, sapi yang melaju di atasnya membuat percikan air bercampur tanah.Hasilnya anda bisa mendapatkan foto – foto yang dramatis.

Foto pacu jawi yang dramatis

 

  1. Desa Pandai Sikek

Di kaki Gunung Singgalang terdapat sebuah desa dimana penduduknya banyak yang mahir membuat kain tenun berkualitas tinggi. Desa itu ialah Desa Pandai Sikek.

Belanja kain tenun di Desa Pandai Sikek

Kita bisa mengunjungi desa ini untuk sekedar melihat – lihat keindahn kain tenun khas Pandai Sikek atau membelinya guna menggerakan roda perekonomian masyarakat sekitar.

 

Wisata Sejarah

Sumatera Barat juga kaya akan sejarah. Banyak tokoh perjuangan bangsa ini yang lahir di Ranah Minang, peristiwa – peristiwa sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia juga banyak terjadi disini sehingga meninggalkan beberapa peninggalan yang kini menjadi obyek wisata sejarah

Obyek wisata sejarah di Sumatera Barat yang biasa dikunjungi ialah

  1. Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi masih berada dalam komplek Taman Panorama Ngarai Sianok. Agar lebih seru lagi saat memasukinya, kami menyarankan anda untuk ditemani local guide yang akan menerangkan sejarah lobang yang dibangun Jepang dalam rangka menghadapi Perang Asia Timur Raya

Foto bersama di depan pintu masuk Lobang Jepang Bukittinggi
  1. Sawahlunto City Tour

Kota Sawahlunto berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Padang. Kota yang pernah berjaya dengan batu baranya itu kini telah beralih menjadi kota wisata yang menawarkan wisata sejarah mengunjungi bangunan – bangunan peninggalan Belanda diantaranya Museum Kereta Api Sawahlunto, Museum Goedang Ransoem, Info Box dan Loebang Mbah Soero.

Info box dan Lobang Mbah Soero

Itulah daftar destinasi wisata yang biasa ada dalam Paket Tour Padang Bukittinggi. Apakah anda sudah memiliki daftar obyek wisata yang ingin dituju?

Memilih Paket Tour Padang Bukittinggi

Jika anda berencana untuk liburan di Sumatera Barat tanpa harus repot merancangnya sendiri. Anda bisa memilih untuk mengikuti paket tour yang banyak disediakan oleh Travel Agent.

Kami mencoba memberikan gambaran perjalanan kepada anda sehingga paket tour yang anda pilih ialah sesuai keinginan anda.

Pertama, anda harus memilih penerbangan pagi dari kota asal menuju Padang dan penerbangan sore pada saat kembali ke kota asal, tujuannya agar anda bisa lebih menikmati perjalanan selama menjelajahi Sumbar karena memiliki waktu yang lebih banyak sehingga banyak pula obyek wisata yang bisa dikunjungi.

Oh iya, jangan lupa tentukan durasi liburan anda, apakah 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam.

Tiket sudah dibeli, dan durasi liburan yang anda tentukan misalnya 3 hari 2 malam.

Sekarang saatnya memilih destinasi Wisata Sumbar yang akan dituju. Yang menjadi pertanyaan ialah, apakah anda ialah orang yang suka berwisata bahari, menelusuri pantai, atau snorkeling ria? Jika iya, maka anda harus memilih wisata pulau sumbar mana yang anda inginkan? Apakah pulau – pulau dari pantai bungus atau pulau – pulau yang ada di Kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan.

Jika anda tidak suka wisata bahari, maka anda bisa mengabaikan destinasi ini.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, wisata bahari menghabiskan waktu satu hari dan satu malam menginap di Padang artinya anda masih ada 2 hari dimana keesokan harinya anda memulai perjalanan dari Kota Padang.

Hari Kedua, dimulai dari Kota Padang dan diakhiri di Bukittinggi. Destinasi mana yang ingin dituju?

Pilihannya ada banyak, biasanya hari kedua ialah rute untuk long trip Minangkabau, sebab perjalanan hari kedua cukup panjang namun menyenangkan. Adapun pilihan rutenya sebagai berikut.

Padang – Air Terjun Lembah Anai – Minang Village – Lembah Harau – Kelok Sembilan – Bukittinggi

Atau

Padang – Air Terjun Lembah Anai – Nagari Pariangan/Danau Singkarak – Istana Basa Pagaruyung – Lembah Harau – Kelok Sembilan – Bukittinggi

Hari Ketiga, dimulai dari Kota Padang dan diakhiri di Bandara Internasional Minangkabau. Yang harus diperhatikan sebelum memulai tour ialah jadwal penerbangan anda. Setidaknya siapkan spare waktu 3 – 4 jam untuk perjalanan kembali ke Bandara Internasional Minangkabau dari Bukittinggi.

Perjalanan dimulai setelah sarapan pagi dan check out dari hotel, obyek wisata yang pertama kali dituju ialah Taman Panorama Ngarai Sianok dan Lobang Jepang. Biasanya menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk berfoto dengan latar Ngarai Sianok dan telusuri Lobang Jepang.

Setelah itu, berkunjung ke ikon Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Kalau liburan di Bukittinggi, wajib banget foto disini. Kemudian membeli oleh – oleh untuk kerabat atau saudara di pusat oleh – oleh, anda bisa membeli keripik sanjay, rendang, dan lain – lain.

Usai makan siang langsung menuju Bandara Internasional Minangkabau. Tour Padang Bukittinggi pun selesai.

 

Tour Padang tanpa Wisata Bahari

Banyak juga wisatawan yang tidak begitu menyukai wisata bahari dengan berbagai alasan. Jika anda memiliki waktu liburan selama 3 hari 2 malam, maka rute yang kami rekomendasikan sebagai berikut.

Hari Pertama, setelah tiba di Bandara Internasional Minangkabau langsung melanjutkan perjalanan menuju Bukittinggi atau singgah dulu untuk sarapan di Soto Angkasa, soto padang-nya enak banget nih.

Rutenya perjalanan di hari pertama sebagai berikut

BIM – Air Terjun Lembah Anai – Minang Village – Desa Pandai Sikek – Lawang Park (jika waktu dan cuaca memungkinkan) – Bukittinggi

Hari kedua, Long Trip Minangkabau.

Rute perjalanan di hari kedua tour ini tergantung dari dimanakah anda menginap malam nantinya? Apakah di Padang atau kembali ke Bukittinggi?

Jika anda memilih menginap di Kota Padang pada malam kedua, rutenya sebagai berikut

Bukittinggi – Taman Panorama Ngarai Sianok dan Lobang Jepang – Jam Gadang – Lembah Harau – Jembatan Kelok Sembilan – Nagari Pariangan/Danau Singkarak – Padang/Bukittinggi

Jika anda memilih kembali menginap di Bukittinggi pada malam kedua, rutenya sebagai berikut

Bukittinggi – Lembah Harau – Jembatan Kelok Sembilan – Nagari Pariangan/Danau Singkarak – Bukittinggi

Hari Ketiga, Bukittinggi City Tour atau Padang City Tour. Tergantung dimana anda menginap di malam sebelumnya.

Jika tour hari ketiga dimulai dari Bukittinggi rutenya sebagai berikut

Bukittinggi – Taman Panorama Ngarai Sianok dan Lobang Jepang – Jam Gadang – Pusat oleh – oleh – Desa Pandai Sikek – Bandara

Jika dimulai dari Kota Padang, rutenya sebagai berikut

Padang – Kota Tua Padang – Taman IORA dan Pantai Padang – Masjid Raya Sumatera Barat – Bandara

Berwisata religi di Masjid Raya Sumatera Barat
Kalau sudah foto disini, artinya sudah sah liburan anda di Padang

Jika anda memiliki waktu liburan lebih dari 3 hari 2 malam dan ingin mendapatkan rute perjalanan tour terbaik, silahkan hubungi contact person kami di bawah ini

Uda Rangga, 0852-2047-3373

Uda Catur, 0897-7257-136

Kami akan sangat senang sekali bisa membantu anda untuk menentukan Paket Tour Padang Bukittinggi terbaik bagi anda.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 5 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply