Yuk Berkenalan Dengan Serambi Milk Padang Panjang
serambi milk padang panjang

Selain Serambi Mekah dan kota hujan, jika boleh memberikan tambahan julukan pada Padang Panjang. Maka kami akan sematkan Kota Susu untuk kota kecil ini. Bukan tanpa alasan Sentra produksi susu di Sumatera Barat ada di Padang Panjang.

Hari itu kami berkesempatan untuk mengunjungi Padang Panjang, sebuah kota kecil berhawa sejuk yang diapit oleh tiga gunung. Singgalang, Marapi dan Tandikek.

Tujuan kami ke Padang Panjang adalah untuk melihat salah satu produsen susu sapi yang ada disana yaitu Serambi Milk.

Dari Bukittinggi, kami menempuh perjalanan selama hampir satu jam.

Tiba di Serambi Milk kami disambut oleh Ridwansyah yang biasa dipanggil Uncu, pengelola wisata edukasi Permata Ibu atau Serambi Milk.

Siang itu ia sedang memiliki waktu luang, jadi bisa menemani kami yang ingin melihat – lihat aktivitas yang ada disini.

Sejarah Serambi Milk

Serambi Milk atau Kelompok Tani Permata Ibu berdiri sejak tahun 1980.

Pada tahun 1981, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan sapi perah ke berbagai provinsi. Sumatera Barat waktu itu mendapatkan bantuan sebanyak 800 ekor sapi perah. Sapi perah ini kemudian didistribusikan di tiap kabupatennya.

Kota Padang Panjang mendapatkan 21 ekor yang kemudian dibagi – bagi untuk tiap kelompok ternak.

Sayangnya program tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Saat ini hanya yang di Padang Panjang-lah yang masih bertahan.

“kecek urang awak, rancak awak pelihara sapi buek rendang lai (kata orang kita, lebih baik melihara sapi buat direndang)” Kata Uncu sambil tertawa.

informasi serambi milk padang panjang
Berdiskusi dengan Uncu Ridwansyah mengenai ternak sapi perah

Tahun 2017, Ridwansyah mencoba mengorganisasi kelompok peternak melalui koperasi. Karena menurutnya jika hanya bergerak sendiri – sendiri usaha susu sapi perah tidak akan memiliki masa depan.

Saat ini di koperasi yang diberi nama Koperasi Peternak Sapi Perah Merapi Singgalang (KPSP Mersi) telah menaungi enam kelompok tani ternak.

Meski hingga saat ini, koperasinya belum sesuai dengan kaidah berkoperasi namun yang paling penting peternak sudah mau berusaha bersama.

Manfaat Berkoperasi

Dengan berkoperasi, para peternak mendapat bantuan dari berbagai pihak untuk membantu meningkatkan kualitas dan pemasaran susu.

Salah satu bentuknya menjadi cluster binaan Bank Indonesia dan dibantu pendanaan untuk membangun Unit Pengolahan Susu (UPS) dan peralatan pengolahan susu.

Bangunan unit pengelohan susu yang didapatkan dari bantuan Bank Indonesia

Selain bantuan dari Bank Indonesia. Serambi Milk juga mendapatkan bantuan dari Fonterra Brands Indonesia pada Mei 2018 yang berlaku hingga tiga tahun ke depan.

Bantuan ini dari segi kualitas produksi, pembinaan standar operasional prosedur pemerahan dan peralatan untuk menjaga kualitas susu tetap baik.

Fonterra sendiri sudah melakukan uji kualitas susu dan menyatakan susu yang dihasilkan berkualitas baik.

Baca juga : Kerupuk Jangek Haji Jasirun Padang

Potensi Usaha Susu Sapi, Berminat?

Serambi Milk saat ini memiliki 12 ekor sapi perah. Bibit sapi didatangkan dari Baturaden. Seekora sapi perah dihargai Rp 19 juta dengan masa produktif 10 tahun

Bibit sapi perah berasal dari Baturaden, Jawa Tengah

Idealnya tiap sapi menghasilkan 12 liter susu per harinya, dengan harga jual ke peternaknya adalah Rp 8 ribu.

produk serambi milk
Susu sapi siap untuk diminum

Susu sapi yang dihasilkan oleh Serambi Milk didistribusikan ke Padang Panjang, Pekanbaru, Jambi dan Dumai. Sebelum dikirim, susu dibekukan terlebih dahulu. Jadi sudah ada pasarnya nih.

Ridwansyah mengaku untuk memenuhi kebutuhan susu di Padang Panjang saja masih kurang. Jadi Serambi Milk yang dikelolanya sangat terbuka bagi orang yang ingin berinvestasi disini.

Jika tertarik, anda harus memiliki minimal 5 ekor sapi perah yang akan dirawat oleh Serambi Milk. Soal pembagian keuntungan/kerugiannya bisa ditanyakan langsung kesini. (penulisnya lupa aturan mainnya, heheh)

Wisata Edukasi Sapi Perah

Serambi Milk juga terbuka bagi wisatawan atau murid – murid yang tertarik untuk berwisata edukasi mengenai sapi perah.

Untuk mengikuti paket wisata ini, jumlah orang tiap groupnya minimal 20 orang. Per orangnya dikenai biaya Rp 20 ribu saja.

Biasanya tempat ini dijadikan ruang interaksi bagi peserta wisata edukasi

Dalam paket wisata edukasi ini, kita akan diberikan informasi mengenai sapi perah. Ikut memerah sapi, memberi makan sapi. Informasi mengenai pembuatan kompos dan pengelolahan susu atau proses sampai susunya bisa diminum.

Memberi makan sapi adalah salah satu agenda dalam wisata edukasi di Serambi Milk

Oh ya, tiap peserta wisata edukasi ini juga akan mendapatkan bônus satu botol susu aneka rasa.

Menarik bukan?

Produk Serambi Milk

Saat ini Serambi Milk telah memproduksi Susu Pasteurisasi dengan aneka rasa. Tiap botolnya dijual dengan harga Rp 10 ribu. Selain itu, ia juga telah memproduksi yoghurt.

produk susu serambi milk padang panjang
Susu sapi segar aneka rasa

Alamat

Tertarik untuk mengunjungi Serambi Milk, silahkan langsung datang ke alamatnya ada di Jln syekh Ibrahim Musa RT 07 kelurahan Ganting kecamatan Padang panjang, Ganting, Timur, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27127

https://goo.gl/maps/fp15iPccQwXFLjLX9

Contact Person, 0813-6360-5530

Sumber Referensi Antara Sumbar

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.