Trip Report Jelajah Sumbar Hari Ketiga : Pulau Pagang
image of 1140x530

Perbukitan, jelajah kota, lembah, air terjun, danau, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner. Semuanya telah kami lalui pada hari pertama dan kedua, maka tema wisata di hari ketiga ini adalah wisata bahari jadinya penjelajahan kami di Sumatera Barat menjadi semakin lengkap.

Untuk bisa menjalani trip di hari ketiga ini agak sulit karena kami harus mencari provider yang mau menyesuaikan waktunya dengan group kami, karena biasanya peserta yang harus menyesuaikan waktu dengan provider, kalo kami gag bisa begitu karena usai main – main di pulau kami harus segera ke bandara mengejar jadwal keberangkatan pesawat.  Dari beberapa provider yang kami datangi akhirnya dapat juga yang mau diajak kerja sama.

Kami berangkat dari Kota Padang jam 07.30, perjalanan menuju Bungus memakan waktu sekitar 45 menit. Sampai di meeting point salah satu perwakilan provider one day tour ke pulau ini menyambut kami namanya Pak Ogit.

Sebelum berangkat ke Pulau Pagang kami diberikan briefing terlebih dahulu terkait safety, waktu tempuh dan kegiatan apa aja yang dilakukan selama di pulau, setelah paham semuanya barulah kami naik ke kapal dan berangkat!

Perjalanan dari Bungus ke Pulau Pagang memakan waktu 45 menit, cuaca saat itu sangat cerah, keadaan laut sangat tenang membuat perjalanan ini tidak ada hambatan. Kami pun sampai di Pulau Pagang. Pulau Pagang memiliki pasir pantai yang putih dan halus, airnya sangat jernih, kami tak sabar ingin segera bermain air.

Pulau Pagang yang airnya jernih banget
Pulau Pagang diselimuti oleh jutaan pasir putih nan halus

Hal pertama yang kami lakukan disini adalah bermain banana boat, tiap banana boat mampu menampung sebanyak 5 – 6 orang. Ada kejadian menarik kala itu, Ada cewek asal Jambi yang pengen gabung ikut naik ke banana boat yang saat itu sudah siap 5 orang dari kami namun kelima orang tersebut menolak, sejak saat itu kami menamai mereka Antagonis Genk, lihat nih wajah – wajah mereka saat menolak cewek tersebut, serem kan bak pemeran antagonis di sinetron – sinetron.

Antagonis genk menolak orang lain ikut bermain banana boat bersamanya.
Antagonis genk menolak orang lain ikut bermain banana boat bersamanya, photo taken by Utari
Yang di belakang itu namanya Pulau Pamutusan
Nah ini akibat gag mau beri tumpangan akhirnya mereka terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, photo taken by Utari

Setelah banana boat kegiatan kami selanjutnya adalah foto underwater secara bergantian, kami diajak menuju spot yang dirasa bagus untuk mengambil gambar. Usai foto underwater kegiatan bebas, mau berenang sampai keriput juga boleh.

Pihak provider menyediakan coffe break untuk kami berupa teh dan kopi hangat beserta makanan ringan, pas banget habis berenang minum yang hangat – hangat.

Ketika masuk jam makan siang, nasi kotak telah disiapkan untuk kami, usai berenang emang bikin lapar, kami makan dengan lahap. Usai makan, kami lanjut lagi ke Pulau Pasumpahan.

About Author

client-photo-1
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.