2 Lembah Cantik di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi
obyek wisata lembah harau

Alam Sumatera Barat memang begitu kaya. Segala bentangan alam ada disini. Keindahan alam yang dimilikinya ada di lautan, pantai, gunung – gunung yang menjulang tinggi, gua – gua yang disini disebut ngalau, hutan, air terjun atau sarasah. Tak lupa, ada pula lembah – lembah Indah yang tidak kalah cantiknya.

Setidaknya hingga saat ini ada 2 lembah di Sumatera Barat yang telah dijadikan sebagai objek wisata yaitu Lembah Harau dan Ngarai Sianok. Lanskap alam yang Indah, udara yang segar hingga penduduk lokal yang ramah menjadi alasan mengapa kedua lembah tersebut sangat menarik untuk didatangi.

Lembah Harau

Lembah Harau ialah sebuah lembah cantik yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Lembah ini diapit oleh dua bukit cadas berwarna – warni yang menjulang setinggi kurang lebih 200 meter.

objek wisata Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota
Panorama Lembah Harau

Begitu memasuki area kawasan Cagar Alam Lembah Harau, anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa hamparan sawah yang berada di antara tebing – tebing. Pada beberapa tebing terdapat aliran air terjun yang tenang. Udara dan hawa disini begitu sejuk apalagi jika anda datang pada saat musim penghujan.

Baca juga : Lembah Harau, Lembah Tercantik di Sumatera Barat

Di kawasan Lembah Harau terdapat banyak air terjun yang bisa dikunjungi. Lima diantaranya telah dibuka sebagai obyek wisata yaitu Air Terjuh Sarasah Aka Barayun, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Murai dan Air Terjun Sarasah Aie Angek.

wisata di Lembah Harau
Pada dinding tebing tertentu mengalir air terjun

 

Baca juga : Sarasah Aka Barayun

Apabila anda menyukai wisata minat khusus, anda bisa mendatangan Kampung Harau yang berada sekitar 2 kilometer dari obyek wisata Sarasah Aka Barayun. Disana anda bisa trekking ke air terjun tujuh tingkat, semakin kecil tingkatannya maka semakin sulit pula treknya. Adrenalin anda pastinya terpacu!

Selain itu, anda bisa juga trekking ke Ngalau Seribu. Untuk melakukan ini, anda harus ditemani oleh pemandu agar tidak tersesat. Sensasi berpetualang di Ngalau Seribu dijamin membuat liburan anda semakin tak terlupakan.

ngalau seribu
Panorama Lembah Harau diambil dari puncak bukit pano (dekat dengan Ngalau Seribu)

Untuk lebih mengenalkan potensi wisata yang ada di Lembah Harau, sejak 2016, tiap tahunnya disini diselenggarakan festival Pasa Harau. Dengan mengikuti festival ini anda akan diajak melihat Lembah Harau lebih dekat lagi melalui kegiatan seperti pertunjukan seni, trekking, makan bajamba dan lain – lain.

 

Ngarai Sianok

Siapa yang tidak kenal dengan kota Bukittinggi? Kota dengan julukan The Dreamland of Sumatra ini merupakan destinasi wisata andalan Sumatera Barat. Banyak obyek wisata yang tersebar di kota yang memiliki luas “hanya” sekitar 25 Km persegi ini. Salah satunya adalah Ngarai Sianok.

Lembah curam yang berada di tengah kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam memiliki bentangan yang panjang dan berkelok – kelok. Kelokannya ini sebagai penanda garis batas Ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku dan berhenti di Palupuh

Lembah berupa Patahan Semangko dengan kedalaman 100 meter ini memiliki panjang sekitar 15 meter dengan lebar 200 meter. Pada bagian tengah patahan ini terdapat Sungai Sianok yang mengaliri. Di bagian atas ngarai ditumbuhi pepohonan dan rerumputan. Sehingga terlihat hijau dan menurut saya pribadi jauh lebih menarik daripada Grand Canyon di Amerika yang terlihat begitu gersang.

obyek wisata taman panorama ngarai sianok
Panorama Ngarai Sianok dilihat dari Taman Panorama Bukittinggi

Untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok, anda bisa mengunjungi Taman Panorama di Bukittinggi. Tiket masuknya Rp 15,000 untuk wisatawan domestik sedangkan untuk wisatawan asing Rp 25,000. Sangat disarankan untuk datang pada pagi hari karena selain panorama Ngarai Sianok, anda juga akan mendapatkan pemandangan puncak Gunung Singgalang dan Marapi yang akan menambah cantik bidikan foto anda.

Selain dari Taman Panorama, keindahan Ngarai Sianok juga bisa dinikmati dengan turun langsung ke dasar jurangnya dimana terdapat persawahan penduduk. Belakangan ini, sawah di dasar Ngarai Sianok menjadi salah satu objek wisata yang cukup viral. Sawah ini menjadi lebih menarik semenjak ada pematang yang terbuat dari semen cor sehingga memberikan kesan rapi dan cantik.

sawah instagramable di Ngarai Sianok
sawah yang berada di dasar Ngarai Sianok

Baca juga : Sawah Instagramable di Ngarai Sianok

Jom kemari!

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 4 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang kontruksi bangunan lepas pantai. Kecintaanya terhadap kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumbar sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply