Paket Tour Menginap di Rumah Gadang Nagari Sumpur
menginap_di_rumah_gadang

Rumah Gadang di Sumatera Barat adalah rumah ibu, rumah suku, dan rumah adat orang Minangkabau yang mendasari perikehidupan mereka sehari – hari.

Mungkin banyak orang yang telah berkunjung ke Sumatera Barat, lalu melihat rumah adat yang unik dengan atapnya yang berbentuk runcing seperti tanduk kerbau. Seperti yang bisa dilihat di obyek wisata Minang Village di Padang Panjang atau Istana Basa Pagaruyung di Batusangkar.

Baca juga : Usai Lihat Air Terjun Lembah Anai, yuk ke Minang Village

Namun, apakah terbayang untuk menginap di Rumah Gadang?

Kami sebagai salah satu Tour and Travel Sumbar ternama mengajak anda untuk merasakan sensasi menginap di Rumah Gadang.

Adapun Rumah Gadang yang dituju ialah yang berada di Nagari Sumpur, sebuah nagari yang berada di tubir Danau Singkarak, danau terluas di Sumatera Barat. Rumah Gadang ini sudah dihuni turun menurun oleh pemiliknya.

menginap di rumah gadang sumbar
Rumah Gadang di Nagari Sumpur yang menjadi lokasi untuk menginap

Di Nagari Sumpur, kita masih bisa melihat Rumah Gadang yang berdiri. Sebagian dari penduduknya memang masih bermukim di Rumah Gadang asli.

Saat ini Nagari Sumpur semakin dikenal sebagai destinasi wisata. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Selain untuk melihat Danau Singkarak dari dekat, mereka juga ingin merasakan sensasi tinggal di Rumah Gadang.

Di Nagari Sumpur ada tiga rumah gadang yang bisa disewakan, salah satunya Rumah Gadang Siti Fatimah. Tiap rumah gadang mampu menampung hingga 90 orang.

wisata menginap di rumah gadang
Rumah Gadang di Nagari Sumpur yang biasa dijadikan lokasi menginap untuk wisatawan

Rumah Gadang yang ada disini memiliki 9 ruangan. Selain itu, ada pula dapur tradisional yang masih menggunakan tungku perapian di bagian bawah belakang rumahnya.

Untuk masuk ke dalam rumah gadang, kita harus menaiki beberapa anak tangga. Masuk ke dalamnya, ruang tengah rumah gadang terlihat cukup luas. Pada bagian dalam, ada beberapa tiang berderet dari kiri ke kanan.

Ruang tengah di Rumah Gadang

Di setiap rumah gadang memiliki dua anjungan. Masing – masing anjungan ada dua kamar dengan lantai yang lebih tinggi dari lantai rumah lainnya. Jika diperhatikan secara seksama maka rumah gadang ini memiliki bentuk seperti sebuah kapal.

Berapa Biaya Menginap di Rumah Gadang Nagari Sumpur?

Untuk merasakan sensasi menginap di Rumah Gadang Nagari Sumpur, anda akan dikenakan tarif sewa inap per kepala seharga Rp 350 ribu.

Mungkin anda tidak akan menemukan kasur empuk layaknya hotel, namun rasakan sensasi yang berbeda

Harga tersebut sudah termasuk makan dan kegiatan menarik di sekitar Nagari Sumpur seperti diajak jalan – jalan ke sungai, sawah, dan melihat matahari terbit.

Selain itu wisatawan juga bisa melihat atraksi khas Nagari Sumpur seperti pertunjukan silat air komunitas daerah setempat. Untuk hal ini ada biaya tambahannya.

Nah, sekarang anda punya alternatif pilihan saat anda liburan di Sumatera Barat. Tak hanya sekedar berkunjung ke Padang atau Bukittinggi yang sudah mainstream di kalangan wisatawan, tapi juga bisa menginap di rumah gadang asli.

Rasakan sensasi saat bangun tidur langsung menyaksikan hijaunya perbukitan dan birunya air Danau Singkarak.

Tertarik untuk mengikuti Paket Tour Padang lainnya

Silahkan klik link ini

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.