Inilah Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam Terlengkap
paket_wisata_padang_5_hari_4_malam

Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam adalah penawaran paket wisata menjelajahi Sumbar bagi anda yang ingin mengekplorenya secara santai dan lebih mendalam. Selama waktu tersebut, kami akan mengajak anda mengunjungi berbagai hal menarik yang ada di Ranah Minang. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata bahari dan tentu saja wisata kuliner.

Semua atraksi wisata yang ada di Ranah Minang bisa anda dapatkan dengan mengikuti Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini, kami telah mengemasnya dengan seksama sehingga rangkaian tour dapat berjalan secara efisien dan bisa menikmati tiap destinasi lebih santai.

Rencana Perjalanan Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam

Hari 1 : Bandara – Bukittinggi

Perjalanan dimulai dari meeting point Bandara Internasional Minangkabau. Setibanya ada disini, team kami akan menyambut anda. Perjalanan Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini pun dimulai. Tujuan awal kita adalah menuju Kota Bukittinggi, The Dreamland of Sumatra.

Jarak tempuh dari Bandara Internasional Minangkabau ke Bukittinggi sekitar 75 kilometer.

Di tengah perjalanan kita akan singgah di Air Terjun Lembah Anai yang berada di tepi Jalan Raya Padang Bukittinggi. Air terjun setinggi 35 meter ini mata airnya berasal dari Gunung Singgalang  sehingga rasanya sejuk dan segar.

wisata_air_terjun_lembah_anai
Singgah di Air Terjun Lembah Anai

Selanjutnya, sekitar 7.5 Kilometer dari Air Terjun Lembah Anai, kita singgah lagi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau atau biasa disebut Minang Village.

Di obyek wisata yang dibangun oleh Bapak Bustanil Arifin (Mantan Menteri Koperasi era Soeharto) ini, kita bisa mempelajari tentang kebudayaan Minangkabau. Selain itu pihak pengelola menyediakan pakaian adat khas Minang yang bisa ada sewa. Berfoto mengenakan pakaian adat khas Minang dengan latar Rumah Gadang sungguh pengalaman yang rancak bana!

wisata_minang_village
Mengenakan pakaian adat Minang di Minang Village

Memasuki waktu makan siang, kita akan istirahat terlebih dahulu di Rumah Makan Pak Datuk/Rumah Makan Aie Badarun atau Sate Mak Syukur yang populer itu.

Usai makan siang, saatnya menuju Desa Pandai Sikek, sebuah desa indah yang terletak di kaki Gunung Singgalang dimana penduduknya mahir membuat kain songket yang indah. Bagi pecinta kain songket, inilah waktunya untuk anda berbelanja.

wisata_desa_pandai_sikek
Kain tenun songket di Desa Pandai Sikek
wisata_belanja_pandai_sikek
Yuk belanja – belanja

Dari Pandai Sikek, kita mengarah ke Bukittinggi untuk check in di hotel pilihan anda, jika hari masih terang. Namun bila sudah memasuki malam, kita akan singgah terlebih dahulu di rumah makan atau restoran untuk makan malam.

Setelah check in dan pembagian kamar, saatnya istirahat agar tubuh anda tetap fit untuk hari esok yang tak kalah serunya.

Note : Apabila anda tiba di pagi hari dengan pesawat LCC (low cost carrier) sebelum memulai perjalanan, kami ajak anda singgah terlebih dahulu di Soto Angkasa untuk sarapan terlebih dahulu. Sedangkan jika tiba di Bandara Internasional Minangkabau menjelang makan siang, kita singgah terlebih dahulu di rumah makan terdekat.

Hari 2 : Minangkabau Tour

Usai sarapan di hotel, kita lanjutkan rangkaian Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini.

Tema perjalanan hari kedua ialah Minangkabau Tour. Perjalanan dimulai dengan menuju Lembah Harau melalui Kota Payakumbuh.

Jarak antara Bukittinggi dan Lembah Harau sekitar 50 kilometer yang apabila traffic di jalan lancar, hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di Lembah Harau.

Lembah Harau ialah tempat yang begitu indah, mata anda akan takjub tatkala menyaksikan tebing – tebing tinggi berwarna – warni menjulang ke atas dihiasi dengan air terjun yang mengalir langsung di tebing tersebut. Di bawahnya terhampar sawah hijau nan luas bak permadani.

wisata_lembah_harau
Spot foto view Lembah Harau

Oh ya, anda juga harus mencoba keajaiban tebing echo dimana jika anda berteriak di tebing tersebut maka suara anda akan terpantul sebanyak 7 kali. Penasaran kan?

tebing_echo_lembah_harau
Tebing echo di Lembah Harau yang bisa memantul sebanyak 7 kali

Lembah Harau memiliki banyak air terjun, jika memiliki waktu dan tenaga yang kuat, kita bisa mengunjungi beberapa air terjun seperti Sarasah Aka Barayun, Sarasah Bunta, Sarasah Aie Luluih dan Sarasah Murai.

air_terjun_air_luluih
Foto bersama di air terjun sarasah aie luluih, Lembah Harau

Sebelum memasuki waktu makan siang, kita akan meninggalkan Lembah Harau menuju rumah makan yang ada di Situjuah.

Rumah Makan di Situjuah punya makanan spesifik yaitu pangek, gulai nangka yang dimasak kering. Lauknya yang paling direkomendasikan disini ialah Ikan mujair bakar dengan bumbu khas Minang yang penuh dengan rempah.

rumah_makan_pangek_or_situjuah
Makan siang di Pangek Or Situjuah

Usai makan siang dan shalat, kita lanjutkan menuju Tabek Patah. Disin ada Kiniko Home Industri dimana anda bisa mencoba kopi kawa daun. Apa itu? Kopi ini tidak terbuat dari biji kopi melainkan daun kopi, rasanya seperti teh yang dicampur dengan kopi. Unik kan? Disini anda juga mencoba sale pisangnya yang terkenal itu.

kawa_daun_kiniko
Kopi Kawa Daun

Nagari Pariangan menjadi destinasi kita selanjutnya. Nagari ini pernah dinobatkan sebagai desa terindah di dunia lho! Selain itu nagari ini dipercaya sebagai tempat asal – usul orang Minangkabau. Dari desa ini kita bisa menyaksikan Puncak Gunung Marapi.

wisata_nagari_pariangan
Foto dengan latar Nagari Pariangan

Kembali ke Bukittinggi via Padang Panjang. Di Koto Baru kita akan singgah di Bika Talago, mencicipi penganan khas Minang yang berbahan dasar dari tepung beras dan kelapa. Kue bika nikmat disantap selagi hangat. Disini juga biasanya ada yang menjual minuman tradisional yaitu Air Akar. Yuk dicoba!

wisata_kuliner_bika_padang
kue bika bakar

Memasuki waktu makan malam, kita singgah di rumah makan/lokal  resto. Selanjutnya kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari Ketiga : Bukittinggi City Tour – Maninjau Tour – Padang

Usai sarapan dan check out, kita akan keliling Kota Bukittinggi. Ya, Bukittinggi City Tour menjadi tema di hari ketiga Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini.

Taman Panorama dan Lobang Jepang menjadi destinasi pertama yang akan kita kunjungi.

Semakin pagi tiba di Taman Panorama semakin baik karena anda bisa berfoto dengan latar Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang. Selain itu pengunjung juga belum ramai, jadi tidak perlu berebut.

Foto keluarga di Taman Panorama Bukittinggi dengan latar Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang

Selanjutnya kita akan masuk ke lobang peninggalan Jepang yang dipandu oleh local guide yang akan bercerita tentang sejarah Lobang Jepang.

pemandu_lobang_jepang
selama di Lobang Jepang, anda akan dipandu oleh local guide yang akan menceritakan perihal sejarah yang pernah terjadi disini

Keluar dari Lobang Jepang, team kami telah siap untuk menjemput anda.

Selanjutnya ke ikon Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Jam berbentuk menara setinggi 25 meter ini ialah kembaran Big Ben-nya London karena menggunakan mesin jam yang sama. Mesin jam ini dibuat oleh Vortman Rellinghause, pabrik jam asal Jerman. Dan di dunia ini mesin jamnya hanya ada dua saja. Keren kan?

wisata_jam_gadang
Hal wajib yang harus dilakuin saat di Bukittinggi, foto dengan Jam Gadang!

Jalan – jalan tak lengkap tanpa membeli oleh – oleh, sebelum meninggalkan Bukittinggi, kami ajak anda ke pusat oleh – oleh.

Memasuki waktu makan siang, kita istirahat terlebih dahulu di lokal resto.

Puncak Lawang adalah dataran tinggi di wilayah Kabupaten Agam dimana kita bisa menyaksikan keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Selanjutnya inilah destinasi yang akan kita tuju.

Sebelum tiba di Lawang Park. Kita bisa singgah di Kilang Tebu Tradisional, kilang ini sangat unik karena masih menggunakan tenaga kerbau untuk menggerak mesin penggiling tebu. Disini anda bisa membeli kacang barandang yang renyah serta olahan gula saka lainnya.

kilang_tebu_tradisional
Melihat proses penggilingan tebu di kilang tebu tradisional mungkin bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk anda

Tiba di Lawang Park hiruplah nafas dalam – dalam karena udara disini begitu sejuk ditambah dengan panorama alam yang begitu indah.

obyek_wisata_lawang_park
Lawang Park dengan latar Danau Maninjau

Dari Lawang Park beranjak menuju Kota Padang, Ibukota Sumatera Barat. Sebelum tiba di hotel, kita makan malam terlebih dahulu di lokal resto. Check In hotel dan istirahat.

Hari 4 : One Day Tour Mandeh

Agenda wisata di hari keempat Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini ialah mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Usai sarapan di hotel, perjalanan dimulai dengan menuju Dermaga Carocok Tarusan yang merupakan meeting point bagi wisatawan yang hendak mengeksplore Teluk Mandeh.

Kawasan Wisata Mandeh seringkali disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat karena keindahannya yang hampir sama.

Pulau pertama yang akan kita singgahi adalah Pulau Sironjong Gadang dimana terdapat pantai landai berpasir putih.

Kemudian pacu adrenalin dan keberanian anda dengan cliff jumping  di Pulau Sironjong Ketek. Disini terdapat 2 level ketinggian yaitu 5 meter dan 15 meter. Anda berani mencobanya?

wisata_adrenalin_pulau_sironjong_ketek
Cliff Jumping di Sironjong Ketek
wisata_pulau_sironjong_ketek
Foto di viewing platform Pulau Sironjong Ketek

Selanjutnya snorkeling di sekitar Pulau Cubadak, melihat keindahan bawah laut Mandeh beserta ikan – ikan hias di sekitarnya

snorkeling_di_mandeh
Snorkeling di sekitar Pulau Cubadak

Makan siang nantinya bisa di Pulau Setan atau di Kapo – kapo sesuai dengan kesepakatan.

Santai usai makan siang di Kapo – kapo

Sore hari kita menuju hutan mangrove dimana ujung dari hutan ini ada sebuah sungai yang mengalir menurun, warga sini menyebutnya Air Terjun Gemuruh. Airnya bersumber langsung dari gunung sehingga menyegarkan, cocok banget untuk bersih diri usai bermain di air laut.

Sebelum hari gelap, kita kembali ke Dermaga Carocok Tarusan, salin baju, berkemas dan kembali ke kendaraan untuk kembali ke Kota Padang.

Makan malam nantinya akan kami suguhkan di restoran ikan bakar yang berada tepat di Pantai Padang.

Setelah makan malam, kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari 5 : Padang City Tour – Bandara

Tak terasa kini sudah memasuki hari kelima.

Jalan – jalan keliling Kota Padang menjadi agenda terakhir dari Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam.

Usai sarapan dan check out dari hotel. Kita akan mengunjungi beberapa destinasi menarik yang ada di Kota Padang.

Jembatan Siti Nurbaya, jembatan ini merupakan penghubung pusat kota dengan Seberang Padang. Jembatan Siti Nurbaya dibangun diatas Sungai Batang Arau. Ia juga menjadi akses bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Gunuang Padang.

Selanjutnya menyisir tepian Sungai Batang Arau dimana ini merupakan Kota Tua Padang atau Padang Old Town, banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh disini. Pemerintah Kota Padang pun telah mendirikan taman tematik di tepian sungai ini.

Taman IORA, taman yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Kota Padang. Taman mungil ini ada di Pantai Purus, memiliki tulisan PADANG dalam ukuran besar yang menjadi latar wajib untuk berfoto. Jika sudah foto disini, maka liburan anda di Kota Padang sudah sah!

wisata_pantai_padang
Taman IORA, wajib banget foto disini

Memasuki tengah hari makan siang di lokal resto, lalu shalat di Masjid Raya Sumatera Barat. Selanjutnya diantar menuju Bandara Internasional Minangkabau dan Tour Padang 5 Hari 4 Malam ini pun selesai. Semoga anda puas!

wisata_religi_padang
Shalat di Masjid Raya Sumatera Barat, pastinya menjadi hal yang merindukan usai anda kembali ke kota asal

Harga Paket Tour Padang 5 Hari 4 Malam

Untuk mengetahui harga paket tour, silahkan hubungi contact person kami di bawah ini

Uda Rangga, 0852-2047-3373

Uda Catur, 0897-7257-136

Atau bisa juga request penawaran tour Padang 5D4N melalui email contact@jelajahsumbar.com

Paket Ini Termasuk

  • Penginapan sesuai dengan hotel pilihan
  • Transportasi AC, menyesuaikan jumlah peserta
  • Guide berpengalaman dan ramah (jika peserta di bawah 6, maka sopir merangkap guide)
  • Tiket masuk tempat wisata
  • Kapal wisata di Mandeh, termasuk jaket pelampung dan alat snorkeling
  • Airport handling pada saat kembali ke kota asal (khusus group)
  • Free! Kaos Ekslusif Jelajah Sumbar
  • Makan Selama Tour (Sarapan di hotel 4X, Makan siang 5X, Makan malam 4X)

Paket Ini Tidak Termasuk

  • Tiket pesawat
  • Oleh – oleh
  • Makanan dan minuman tambahan
  • Sewa pakaian adat di Minang Village
  • Tiket masuk tempat wisata di luar paket tour
  • Tips guide dan sopir
  • Tips local guide saat memasuki Lobang Jepang

Kunjungi Paket Wisata kami lainnya di bawah ini

Paket Tour Padang 2D1N

Paket Tour Padang 3D2N

Paket Tour Padang 4D3N

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.