Makan Enak Sambil Memandangi Pantai Padang di Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman
ikan_bakar_khas_padang

Ajakan untuk Padang City Tour ternyata lebih menarik perhatian ketimbang mengunjungi Puncak Lawang bagi pasangan Friedland asal Florida yang menjadi tamu kami weekend itu.  Kami beranjak dari Bukittinggi jam 08.30 dan tiba di Kota Padang 3 jam kemudian atau tepat pada saat waktu makan siang. Kami menepikan kendaraan kami di salah satu rumah makan yang berada di kawasan Pantai Padang yaitu Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman.

Baca juga : Rumah Makan Lamun Ombak

Sesuai dengan namanya, restoran ini menu utamanya ialah ikan bakar. 15 menit sebelum tiba, kami telah menghubungi Bang Dedi (pengelola Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman) untuk menyiapkan ikan bakar, sayur dan nasi untuk kami. Sehingga ketika kami sampai, makanan sudah siap untuk dihidang dan tak perlu menunggu ikan di bakar yang membutuhkan waktu cukup lama apalagi di saat jam makan siang.

Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman yang berada di Jalan Samudera No.16, Purus, Padang Barat, Kota Padang ini menghadap ke arah Pantai Padang. Restoran ini memiliki 2 lantai sebagai ruang makan. Kami memilih meja makan yang ada di balkon terbuka di lantai dua, jadi sambil makan enak kami juga bisa memandangi birunya Samudera Hindia.

Pelayan pun dengan sigap menyuguhkan pesanan kami yaitu ikan bakar, udang bakar lengkap dengan keripik singkong balad, sayur urap dan sayur singkong. Ikan yang menjadi menu kami siang itu ialah ikan kue dan udang jenis tiger.

Menu makan siang kami di Pondok Ikan Bakar khatib Sulaiman

Mr. Friedland yang tinggal di daerah pesisir Florida sangat menyukai ikan, langsung saja ia santap ikan bakar yang ada di hadapannya.

“I have no idea what is this (jenis ikannya), but this is very tasty” kata Mr. Friedland

Begitu pun dengan udang bakarnya, ia sangat menikmatinya sampai harus menambah satu porsi lagi saking enaknya.

Usai makan siang, kami menuju bagian depan restoran yang dijadikan sebagai tempat untuk membakar ikan. Untuk menghasilkan cita rasa ikan bakar kaya rempah yang lezat perlu waktu pembakaran yang lama, yaitu sekitar 10 – 15 menit. Karena membutuhkan waktu membakar yang lama, bahan untuk membakar ikan tidak menggunakan arang melainkan batok kelapa.

Bagian depan restoran dijadikan sebagai tempat membakar ikan

Oh ya, restoran yang ada sejak tahun 2011 ini juga menyediakan menu lainnya  seperti kepiting, cumi, gulai ikan karang dan menu non seafood seperti ayam goreng. Berkali – kali tiap tamu Jelajah Sumbar yang kami ajak makan disini semuanya sepakat untuk bilang enak!

Ikan yang telah diberi bumbu dan siap untuk dibakar

Ya, Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman memang tidak pernah mengecewakan. Bahkan sering kali tamu kami memesan kembali untuk dibawa pulang ke kota asalnya..

Soal harga juga sesuai dengan rasanya, harga seporsi ikan dibandrol antara Rp 30 ribu – 40 ribu tergantung pada ukurannya. Untuk udang bakar seharga Rp 60 ribu.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 5 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

July 11, 2018
[…] Baca juga : Makan Enak di Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman […]
July 24, 2018
[…] Baca juga : Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman […]
July 26, 2018
[…] Baca Juga : Nikmatnya Ikan Laut Bakar di Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman […]
September 4, 2018
[…] Baca juga, Nikmatnya Santap Ikan Bakar di Tepi Pantai Padang […]
September 5, 2018
[…] Baca juga, Makan Ikan Bakar Enak di Tepi Pantai Padang disini Tempatnya! […]

Leave a Reply