Cari Kain Tenun Khas Pandai Sikek, Ke Satu Karya Aja

Pandai Sikek adalah nama sebuah nagari atau desa yang berada di kaki Gunung Singgalang. Secara administratif desa ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Berada di kaki gunung tentunya hawa di desa ini begitu sejuk, ditambah dengan panorama alam yang indah, membuat siapapun akan betah berada disini.

Desa Pandai Sikek dikenal sebagai tempat kerajinan tenun dengan kualitas premium. Bahkan ada yang mengatakan tiap wanita yang berasal dari Pandai Sikek, diharuskan memiliki keahlian menenun.

Karena panorama alam serta kerajinan tenunnya yang sama – sama memikat, Desa Pandai Sikek menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi oleh wisatawan. Begitu pun dengan Paket Tour Padang Bukittinggi yang kami tawarkan, selalu menjadikan desa ini sebagai tempat pemberhentian sebelum menuju Bukittinggi.

Disini terdapat banyak gerai yang menjajakan hasil tenunan, salah satu yang paling direkomendasikan untuk rombongan wisatawan adalah Satu Karya milik Hj Erma Yunilta.

Toko Satu Karya  menjual berbagai pakaian dan hasil kerajinan tradisional khas Pandai Sikek dengan pilihan yang cukup lengkap.

Kerajinan khas Pandai Sikeknya cukup lengkap disini

Keunggulan lainnya dari Satu Karya ialah memiliki area parkir yang cukup luas serta pemandangan yang menghadap langsung ke Gunung Singgalang. Jadi bikin betah buat yang lagi belanja maupun yang sekedar menunggu rekan, istrinya belanja.

Bisa foto dengan latar Gunung Singgalang

Bermacam pakaian dengan warna agak mencolok dan dibordir indah dijual disini, selain itu kita juga bisa mendapatkan perlengkapan sehari – hari seperti sandal, selop, kopiah dan banyak lagi.

Di dalam gerai Satu Karya terdapat sebuah peralatan tenun tradisional, biasanya ada saja pengunjung yang mencoba untuk menenun atau sekedar berpose untuk diambilkan fotonya.

Harga masih boleh nego lho! asik kan

By the way, secara spesifik kain tenun songket karya para perajin daerah Pandai Sikek mempunyai tiga jenis motif wajib yang selalu ditampilkan dalam setiap pembuatan kain tenun, baik dalam pembuatan kain tenun songket sebagai perangkat upacara adat, maupun sebagai produk – produk praktis.

Adapun ketiga jenis motif tersebut yaitu motif batang pinang (pohon pinang), motif bijo bayam (biji bayam), dan motif saluak laka.

Penampilan ketiga jenis motif ini merupakan salah satu ciri khas kain tenun songket yang dihasilkan. Artinya, kalau pada selembar kain tenun songket tidak ditemui ketiga jenis motif tersebut, maka dapat dipastikan kalau kain tenun songket tersebut bukan hasil karya para perajin daerah Pandai Sikek.

Senangnya habis belanja di Satu Karya Pandai Sikek

Untuk melihat langsung ragam kain tenun khas Pandai Sikek, langsung saja datang ke gerai Satu Karya. Dari gapura pintu masuk Pandai Sikek hanya berjarak sekitar 700 meter.

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply