Serba Mbek, Tempat Makan Baru di Bukittinggi yang Punya Menu Serba Kambing
serba mbek bukittinggi

Bukittinggi, kota ini berada di dataran tinggi Sumatera Barat. Suhu udara disini terasa sejuk. Sering kali udara yang sejuk membuat selera makan kita bertambah. Mungkin itu alasan mengapa tiap kali saya berkunjung ke Bukittinggi, yang saya mau makan, makan dan makan.

Dan memang Bukittinggi adalah salah satu tujuan wisata kuliner di Sumatera Barat. Saat anda kesini, anda akan disuguhkan berbagai makanan yang rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Anda bisa ke Pasar Lereng untuk menikmati suguhan Nasi Kapau yang lezat atau bisa juga datang langsung ke rumah makan yang banyak tersebar di Bukittinggi.

Perlu diingat, orang yang membuka usaha kuliner di Bukittinggi bisa dikatakan orang tersebut memiliki jiwa pemberani dan terbilang nekat. Karena disini anda tak perlu desain tempat makan yang mewah, instagramable. Yang anda perlu kan hanyalah menjaga cita rasa.

Baca juga : Rumah Makan Simpang Raya Jam Gadang

Saya pernah ke pulau paling selatan di Indonesia yaitu Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Disana saya menemukan rumah makan Padang. Lantas mengapa ia sampai jauh sekali membuka usahanya?

“Membuka rumah makan di kampung itu sama saja bertaruh nyawa” kata si pemilik warung

“Alasannya persaingan cita rasa terlalu halus, terlalu tajam, dan saya tidak sanggup membuka rumah makan di kampung” lanjutnya lagi

Jadi tidak sembarang orang bisa membuat usaha kuliner disini. Sekali lagi, usaha ini hanya untuk orang yang berani, nekat dan mau bertaruh nyawa saja.

Tempat Makan Baru Serba Mbek

Dinginnya Bukittinggi di malam hari tak membuat saya gentar untuk tetap berjalan. Malan itu saya diundang untuk mencicipi menu yang dimiliki Serba Mbek.

Serba Mbek? Nama yang asing untuk sebuah tempat makan di Minangkabau.

Rangga Harkaffi (34) adalah pemilik tempat makan ini. Ia mengundang saya untuk mereview menu andalannya.

Jiwa pengusaha memang melekat pada ayah dua anak ini. Berbagai usaha telah ia jalankan, mulai dari jualan keripik, ladang jagung, ladang kol, dan membuat usaha travel yang diberi nama Jelajah Sumbar. Di Jelajah Sumbar ia menjabat sebagai CMO (Chief Marketing Officer).

Saat usaha travel sedang tiarap karena efek pandemi covid-19, ia memutar haluan dan menerima pinangan untuk mengurus Rokir Farm bersama rekannya.

Rokir Farm adalah peternakan kambing yang ada di Aro Kandikir, Gadut, Kabupaten Agam. Peternakan ini sempat terpuruk karena ketiadaan manajemen yang baik. Hadirnya Rangga Harkaffi dapat mengubah usaha peternakan kambing ini menjadi lebih baik.

Dan kini ia berhasil membuat usaha turunannya yaitu rumah makan yang menyediakan menu serba kambing, itulah ia menamai usaha barunya Serba Mbek.

Serba Mbek mulai beroperasi sejak November 2020 dan menempati ruko yang ada di Jalan Mr. Asa’at No. 84, Campago Guguk Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi.

alamat serba mbek

Menu Andalan Serba Mbek

Walau hanya menggunakan daging kambing, menu yang dimiliki Serba Mbek ini cukup bervariasi diantaranya sop kambing, gulai kambing, Soto Medan Kambing, Mie Goreng Kambing,  Nasi Goreng Kambing, cancang kambing, tongseng kambing, soto Betawi kambing, Oseng – oseng kambing, Sate kambing.

Dari banyaknya menu yang dimiliki Serba Mbek namun menurut Rangga, menu andalannya adalah tongseng kambing dan sate kambing.

Untuk harganya terbilang terjangkau untuk makanan yang berbahan dasar daging kambing

Selain makanan, tentu saja disini juga menyediakan minuman yang lagi – lagi berasal dari kambing. Ya, Serba Mbek menyediakan susu kambing segar dengan berbagai varian rasa. Untuk menjaga agar susu kambing tetap segar, Serba Mbek menggunakan juice dispenser.

Review Jujur Serba Mbek

Saya mengikuti rekomendasi menu dari Bang Rangga. Jadi saya memesan tongseng kambing, sate kambing dan susu kambing dengan rasa brown sugar.

Bagaimana rasanya dan inilah review jujur dari saya.

Sama seperti tongseng kambing pada umumnya yang berbahan dasar sayur kol, daging kambing dan kuah. Daging kambingnya begitu empuk dan mudah untuk dikunyah, namun entah mengapa rasa kuahnya kurang begitu kuat, gag nendang seperti tongseng Pak To langganan saya.

Saya beralih ke sate kambing. Dalam tiap porsinya terdapat 5 tusuk sate lengkap dengan bumbu kacangnya. Daging kambingnya begitu empuk, bumbunya begitu meresap dan yang terpenting tidak ada bau prengus. Rasa kuah kacangnya menambah nilai sempurna. Saya sangat merekomendasikan sate kambing olahan Serba Mbek.

Adapun susu kambingnya terasa segar dan mantap dengan tambahan brown sugar di dalamnya. Dan memang susu kambing brown sugar inilah yang menjadi minuman andalannya.

teh telur serba mbek

Itulah review jujur dari saya. Ini hanyalah opini pribadi dan soal rasa tiap orang memiliki pendapatnya masing – masing.

Jadi jika penasaran dengan berbagai menu olahan daging kambing datanglah ke Serba Mbek. Buka tiap hari mulai jam 11:00 sd 23.00

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Masih bekerja sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai sejak tahun 2012. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.