Jelajah Sumbar Part 2 : Kebun Teh Alahan Panjang
kebun_teh_alahan_panjang

Dari Masjid Tuo Kayu Jao, saya kembali melanjutkan perjalanan panjang ini. Mungkin rute perjalanan yang paling saya sukai adalah hari pertama ini, sebab saya melewati jalan yang berada di wilayah pegunungan sehingga sepanjang perjalanan hawa dingin mengiringi. Target saya selanjutnya adalah singgah di Kebun Teh Alahan Panjang.

Baca Juga : Masjid Tuo Kayu Jao, Salah Satu Masjid Tertua di Sumbar!

Selain hawa dingin, pemandangan khas pegunungan juga membuat perjalanan di hari pertama ini begitu menyenangkan. Memasuki wilayah Alahan Panjang, hijaunya kebun teh yang permai menyambut saya.

Rasanya sayang banget kalau dilalui begitu saja

Gunung Talang yang masih aktif terlihat sangat jelas, rasanya seperti memanggil – manggil saya untuk menuju ke puncaknya dimana kita bisa menyaksikan panorama Danau Kembar dan Danau Singkarak dari sana.

Kebun Teh Alahan Panjang dengan latar Gunung Talang

Saya kembali berhenti sejenak di Kebuh Teh Alahan Panjang, rasanya sayang sekali jika hanya dilewatkan begitu saja. Di tepi jalan banyak plat kendaraan BM, BH, BG yang berhenti untuk menikmati suasana disini. Memang kebun teh dimana – mana menjadi favorit bagi banyak orang tak terkecuali Kebun Teh Alahan Panjang ini.

Berada di ketinggian sekitar 1400 – 1600 mdpl membuat udara disini begitu sejuk dan segar. Saya hirup udara segar yang sukar saya dapatkan di perkotaan itu banyak – banyak, memenuhi rongga paru – paru dan saya lepaskan kembali. Rasanya nikmat sekali.

Udara disini begitu segar!

Selanjutnya saya akan teruskan perjalanan ke Danau Kembar, targetnya melihat keduanya dari dekat!

Bersambung

About Author

M. Catur Nugraha
M. Catur Nugraha
Sempat bekerja selama 5 tahun sebagai Naval Architect Engineer di salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konstruksi bangunan lepas pantai. Kecintaan kepada kampung halamannya membuat ia memutuskan untuk mendirikan Jelajah Sumbar dengan tujuan memperkenalkan keindahan Bumi Ranah Minang ke khalayak ramai dan mengajaknya untuk berkunjung ke Sumbar. Ia sangat menyukai traveling. Perjalanan yang paling ia senangi antara lain mendaki gunung, trekking ke air terjun, dan berkemah di pulau – pulau kecil. Ia juga gemar menuliskan cerita perjalanannya dan memotret obyek yang ditemuinya. Cita – citanya : menjadikan Sumatera Barat dan Wisata Padang sebagai salah satu destinasi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan Internasional.

Comments

Leave a Reply